Agenda

Belum ada agenda

Program Edukatif

Program Sarjana (S-1) Reguler

Program Sarjana (S1) Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dipersiapkan untuk mencetak Sarjana Pertanian dengan penekanan pada segi sosial ekonomi pertanian. Lama pendidikan adalah 4 tahun yang terbagi atas 8 semestar termasuk didalamnya praktek Kerja Lapangan, Seminar, Skripsi dan KKN. Program S1 dijadwalkan sekurang-kurangnya 8 (delapan) semester dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester. Beban studi Program S1 adalah 144-160 SKS. Untuk 4 semester pertama kurikulumnya sama dengan kurikulum jurusan lain di Fakultas Pertanian UGM, sedangkan kurikulum 4 semester berikutnya banyak mata ajaran di lingkungan Sosial Ekonomi Pertanian. Secara rinci mata kuliah keahlian yang dikembangkan di Jurusan soaial Ekonomi Pertanian dapat dilihat pada attachment.

Magister Manajemen Agribisnis (MMA)

Pengembangan pendidikan ilmu-ilmu terapan di bidang agribisnis dilakukan oleh Program Studi Ekonomi Pertanian dan Agribisnis dengan membuka Program Magister Manajemen Agribisnis (MMA) sejak tahun 1999 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIkti No. 208/DIKTI/Kep/1999 tertanggal 6 Mei 1999.

Program studi MMA mempunyai ciri khusus yaitu menawarkan mata kuliah menajemen secara umum disertai mata kuliah khusus berkaitan dengan manajemen takonologi budidaya dan pengolahan komoditas pertanian dalam arti luas (tanaman pangan, hortikultura, perikanan, perkebunan, perternakan dan kehutanan).

Program studi MMA diselenggarakan dengan sistem triwulan (semester yang dipadatkan) melalui 45 SKS teridiri atas kegiatan pengajaran di kelas secara terus menerus selama 4 triwulan dan ditutup dengan studi kasus di salah satu perusahaan agribisnis selama 2 bulan.

Program ini selain diikuti oleh lulusan baru S1 (fresh graduate) juga diikuti oleh praktisi bisnis dan pemerintahan dari BRI, BULOG, BKKBN dan Dinas-Dinas di Propinsi DIY dan Jawa Tengah.

Alumni Program MMA tersebar di berbagai bidang dan profesi dan menempati berbagai jabatan penting seperti GM pabrik gula, kepala pabrik alkohol spiritus, pimpinan instansi pemerintah/kepala dinas, pimpinan perbankan, dosen, staf eksekutif perusahaan agribisnis, dll.

Informasi lebih lengkap tentang Program MMA dapat dilihat pada leaflet program MMA atau kontak langsung pada alamat sbb

Sdr. Esti, Andi, atau Fuad
Gedung Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
Fakultas Pertanian UGM
Lantai 2-3 Sayap Selatan
Jl. Flora Bulaksumur Yogyakarta 55281
Tel. (0274) 555675, 516656
Fax. (0274) 555676
E-mail: mma@ugm.ac.id

S2 dan S3 Ekonomi Pertanian

Program Studi Ekonomi Pertanian mengembangkan ilmu ekonomi pertanian baik dari segi mikro dan bisnis yang berhubungan dengan manajemen usahatani, agribisnis, pemasaran dan ekonomi sumberdaya, maupun dari segi makro yang berhubungan dengan pembangunan pertanian.

Program S2 Ekonomi Pertanian mengembangkan 6 (enam) minat studi yang terdiri dari:

  1. Manajemen Usahatani
  2. Pemasaran Pertanian
  3. Pembangunan Pertanian
  4. Manajemen Agribisnis
  5. Ekonomi Sumberdaya Pertanian
  6. Penyuluhan Pembangunan

Penyelesaian studi Program S2 Studi Ekonomi Pertanian ditentukan dengan beban studi 40-50 SKS termasuk thesis 8-12 SKS. Guna mendukung program S2 Ekonomi Pertanian, 12 orang tenaga pengajar Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian ditunjuk sebagai tenaga pengajar di program tersebut.

Program S3/Doktor Ekonomi Pertanian yang merupakan program terstruktur telah dimulai semenjak tahun ajaran 1995/1996. Dalam mendukung program tersebut, 5 orang tenaga pengajar Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian ditunjuk untuk menangani program tersebut.

Ke atas ^

[ Redesigned 2006 by Sistem Informasi | Webmaster ]