Agenda

Belum ada agenda

Program Edukatif

Program Sarjana (S-1) Reguler

Program Sarjana (S1) Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dipersiapkan untuk mencetak Sarjana Pertanian dengan penekanan pada segi sosial ekonomi pertanian. Lama pendidikan adalah 4 tahun yang terbagi atas 8 semester termasuk didalamnya praktek Kerja Lapangan, Seminar, Skripsi dan KKN. Program S1 dijadwalkan sekurang-kurangnya 8 (delapan) semester dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester. Beban studi Program S1 adalah 144-148 SKS. Untuk 4 semester pertama kurikulumnya sama dengan kurikulum jurusan lain di Fakultas Pertanian UGM, sedangkan kurikulum 4 semester berikutnya banyak mata ajaran di lingkungan Sosial Ekonomi Pertanian. Secara rinci mata kuliah keahlian yang dikembangkan di Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dapat dilihat pada attachment. Kurikulum PS. Ekonomi Pertanian/Agribisnis dan PS. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian sudah terakreditasi “A”.

Magister Manajemen Agribisnis (MMA)

Pengembangan pendidikan ilmu-ilmu terapan di bidang agribisnis dilakukan oleh Program Studi Ekonomi Pertanian/Agribisnis dengan membuka Program Magister Manajemen Agribisnis (MMA) sejak tahun 1999 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI No. 208/DIKTI/Kep/1999 tertanggal 6 Mei 1999.

Program Studi MMA mempunyai ciri khusus yaitu menawarkan mata kuliah manajemen secara umum disertai mata kuliah khusus berkaitan dengan manajemen teknologi budidaya dan pengolahan komoditas pertanian dalam arti luas (tanaman pangan, hortikultura, perikanan, perkebunan, peternakan dan kehutanan).

Visi Misi Magister Manajemen Agribisnis

Visi
Visi PS-MMA UGM yaitu terwujudnya program pendidikan pascasarjana unggulan di bidang Manajemen Agribisnis yang terkemuka di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2020. Hal ini sejalan dengan visi Universitas Gadjah Mada serta didasarkan pada pengembangan konsep dan strategi dalam mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan serta teknologi guna mendukung pembangunan pertanian pada umumnya dan agribisnis pada khususnya. Visi ini berorientasi ke depan yang lebih baik yaitu adanya pendekatan sistem agribisnis dalam pembangunan ekonomi, berdasarkan perkembangan IPTEK, dunia usaha, industri, budaya organisasi baik nasional maupun global, nilai organisasi (organization value), kompetensi yang tinggi serta memenuhi standar keunggulan yang sudah tersosialisasi dengan baik di kalangan civitas akademika.

Misi
Untuk mewujudkan visi di atas maka Misi PS-MMA UGM sebagai berikut:

a. Di bidang Pendidikan:
Mendidik dan mempersiapkan lulusan pada jenjang S2 bidang manajemen agribisnis yang mampu berperan aktif pada pembangunan pertanian secara nasional dan internasional.

b. Di bidang Penelitian:
Melaksanakan penelitian dan pengkajian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, konsep dan pemikiran baru di bidang manajemen agribisnis serta mempublikasikannya dalam bentuk buku dan jurnal terkemuka baik nasional maupun internasional.

c. Di bidang Pengabdian Masyarakat:
Menerapkan konsep pembaharuan, kajian ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pelatihan-pelatihan, pendampingan dan transfer teknologi bagi pengambil keputusan atau pelaksana/praktisi agribisnis.

Program studi MMA diselenggarakan dengan sistem semester dalam 45 SKS terdiri atas kegiatan pengajaran di kelas selama 4 semester, studi kasus di salah satu perusahaan agribisnis selama 2 bulan.

Program ini selain diikuti oleh lulusan baru S1 (fresh graduate) juga diikuti oleh praktisi bisnis dan pemerintah dari BRI, BULOG, BKKBN dan Dinas-Dinas di Propinsi DIY dan Jawa Tengah.

Alumni Program MMA tersebar di berbagai bidang dan profesi dan menempati berbagai jabatan penting seprti GM pabrik gula, kepala pabrik alcohol spiritus, pimpinan instansi pemerintah/kepala dinas, pimpinan perbankan, dosen, staf eksekutif perusahaan agribisnis, dll.

Saat ini Magister Manajemen Agribisnis telah terakreditasi “A”. Informasi lebih lengkap tentang Program MMA dapat dilihat pada leaflet program MMA atau kontak langsung pada alamat sebagai berikut: Sdr. Esti dan Andi.

PROGRAM STRATA S-2 EKONOMI PERTANIAN

Program S2 Ekonomi Pertanian mengembangkan 6 (enam) minat studi yang terdiri atas:

  1. Manajemen Usahatani
  2. Pemasaran Pertanian
  3. Pembangunan Pertanian
  4. Manajemen Agribisnis
  5. Ekonomi Sumberdaya Pertanian
  6. Penyuluhan Pertanian

Penyelesaian studi Program S2 Studi Ekonomi Pertanian ditentukan dengan beban studi 40-50 SKS termasuk thesis 8-12 SKS. Guna mendukung program S2 Ekonomi Pertanian, 10 orang tenaga pengajar Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian ditunjuk sebagai tenaga pengajar di program tersebut.

PROGRAM STRATA S-3 ILMU PERTANIAN

Program S3/Doktor Minat Ilmu Pertanian yang merupakan program terstruktur telah dimulai semenjak tahun ajaran 1995/1996. Program S3/Doktor Minat Manajemen Agribisnis dimulai sejak tahun ajaran 2010/2011. Dalam mendukung program tersebut, 10 orang tenaga pengajar Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian ditunjuk untuk menangani program tersebut.

Ke atas ^

[ Redesigned 2006 by Sistem Informasi | Webmaster ]