ILMU HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN

Kode UM-UGM/SPMB 466544

Normally view on Windows Internet Explorer only

Home
Faculty Members
Facilities
Collaborations
Alumni Prospect
Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia
News
Information
Download
Correspondence

Fakultas Pertanian UGM

           Jurusan Perlindungan Tanaman [PERLINTAN] Fakultas Pertanian UGM semula terdiri dari dua jurusan, yaitu Jurusan Ilmu Hama Tumbuhan dan Jurusan Ilmu Penyakit Tumbuhan. Kedua jurusan tersebut kemudian digabung berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 22/DIKTI/Kep/85.

Universitas Gadjah Mada

Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

FAKULTAS PERTANIAN UGM

Kompleks Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Telp. 62 274 523926

atau

62 274 588688 ext. 31108, 31105

E-mail: hpt@faperta.ugm.ac.id

 Pada saat itu Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan memiliki dua program studi, yaitu Program Studi Ilmu Hama Tumbuhan dan Ilmu Penyakit Tumbuhan. Pada tahun 1996 kedua program studi yang ada digabung menjadi satu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 221/DIKTI/Kep/1996, sehingga Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan hanya mempunyai satu program studi yaitu Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan dengan dua minat/konsentrasi: Ilmu Hama Tumbuhan dan Ilmu Penyakit Tumbuhan. Berdasarkan kebutuhan kompetensi lulusan maka pada tahun 2000, Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan diubah menjadi Jurusan Perlindungan Tanaman. Dicapainya akreditasi A secara nasional, membuktikan bahwa Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan Jurusan Perlindungan Tanaman merupakan lembaga pendidikan tinggi unggulan di bidangnya.

Tugas Jurusan Perlindungan Tanaman adalah melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya yang terkait dengan pengamanan produksi pertanian melalui manajemen kesehatan tanaman. Pelaksanaan konsep Pengendalian Hama Terpadu yang menjadi kebijakan telah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak dan dukungan kuat dari segenap pakar di lingkungan Jurusan Perlindungan Tanaman. Oleh karena itu sebagian besar kegiatan tridharma berorientasi pada konsep tersebut.

Sesuai visi, misi, dan tujuan Jurusan Perlindungan Tanaman, jumlah sarjana yang telah diluluskan terhitung sejak masih merupakan dua jurusan sebanyak 602 orang saat ini telah bekerja pada berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Daftar lulusan yang diterima bekerja di instansi pemerintah maupun swasta pada dua tahun terakhir, dapat dilihat di Prospek Lulusan. Banyaknya lulusan yang langsung dibutuhkan oleh stakeholders membuktikan bahwa lulusan Jurusan Perlindungan Tanaman telah mempunyai kompetensi untuk bersaing dan bersinergi di bidangnya.

____________

PENGURUS JURUSAN

Home | Faculty Members | Facilities | Collaborations | Alumni Prospect | Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia | News | Information | Download | Correspondence

 "Terdepan dalam Ilmu - Terbaik dalam Mutu"
Apabila ada kritik dan saran mengenai website ini silahkan hubungi:[@koe]
Last updated: 02/03/12.