Program Studi

Pemuliaan Tanaman

Magang di PT Syngenta
Kemajuan pertanian suatu negara sangat ditentukan jumlah varietas unggul baru yang diperoleh. Dengan diundangkannya Undang-Undang Perlindungan Varietas di Indonesia maka atmosfer investasi dan penelitian yang mengarah ke pembuatan varietas baru semakin baik. Hal ini membuka peluang berkembangnya perusahaan-perusahaan swasta yang mengusahakan benih yang lebih baik dan disukai konsumen. Hal ini tampak dari munculnya banyak perusahaan swasta baik asing maupun lokal yang bergerak dalam bidang perbenihan terutama varietas hibrida.

Daya kompetisi perusahaan benih sangat tergantung pada kualitas produk yang dihasilkan terutama yang berkaitan dengan kemampuan produksi, kualitas dan ketahanan terhadap hama-penyakit. Varietas unggul tersebut hanya dapat diperoleh dengan melalui proses pemuliaan tanaman. Perusahaan-perusahaan tersebut sangat memerlukan tenaga pemulia yang terampil dan cerdas. Oleh sebab itu program studi pemuliaan tanaman merupakan salah satu program studi yang sangat strategis di bidang pertanian. Di masa yang akan datang, akan lebih banyak lagi pemulia tanaman yang dibutuhkan untuk mempercepat kemajuan teknologi dan perkembangan ekonomi petani Indonesia.

Sekilas Mengenai Program Studi Pemuliaan Tanaman

Program studi Pemuliaan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada selalu siap memberikan ilmu dasar yang kuat, interdisipliner, ketrampilan yang memadai dan juga kemampuan penalaran yang kuat dalam menghadapi permasalahan-permasalahan sektor pertanian kini dan yang akan datang. Di samping hard skill, mahasiswa juga dibekali dengan soft skill yang cukup untuk membekali lulusan sehingga lebih diminati oleh pengguna dan bekal berkarir di tempat mereka bekerja.

Penelitian yang sedang dilakukan staf pemuliaan antara lain perakitan tomat hibrida unggul, ketahanan tomat terhadap nematoda puru akar, perakitan padi tahan cekaman teki & kekeringan, perakitan kacang tanah tahan kahat Fe, mutasi tanaman tomat, pemuliaan kakao untuk kadar lemak tinggi, pemuliaan tanaman teh berproduksi tinggi dll.

Program Studi Pemuliaan Tanaman mencakup Program Sarjana (S-1) dan Program Pascasarjana (S-2 dan S-3). Khusus pada Program Sarjana, Program Studi Pemuliaan Tanaman mempunyai 2 (dua) konsentrasi studi yaitu Pemuliaan Tanaman dan Teknologi Benih. Perbedaan kedua konsentrasi studi tersebut dapat dilihat pada kurikulum Program Studi Pemuliaan Tanaman.

Peluang Kerja Lulusan Prodi Pemuliaan Tanaman

Para lulusan program studi ini dapat bekerja pada industri benih yang saat ini tengah berkembang di Indonesia. Sektor perkebunan juga banyak membutuhkan para sarjana lulusan Program Studi Pemuliaan Tanaman. Peluang kerja yang besar tersebut dapat dilihat dari banyaknya alumni program studi ini yang telah bekerja di berbagai lembaga penelitian pertanian, perusahaan benih seperti PT Pioneer (produsen benih jagung BISI), PT East West Seed Co. (produsen sayuran Cap Panah Merah), berbagai perkebunan di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Tidak sedikit pula para lulusan program studi ini yang memilih berwiraswasta di bidang pertanian.

2010. Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian UGM