Program Studi

Agronomi

Sekilas Tentang P.S. Agronomi

Penelitian Mahasiswa S-1
Program Studi (PS) Agronomi merupakan gabungan dari tiga program studi yang telah ada sebelum berlakunya Kurikulum 1994, yaitu PS Produksi Tanaman, Hortikultura, dan Ilmu Tanaman. Program Studi ini mendapat akreditasi "A" dari Badan Akreditasi Nasional sehinnga menjadi pembina bagi program studi sejenis di perguruan tinggi lain.

Program Studi Agronomi menawarkan kurikulum untuk mengkaji interaksi faktor genetik dan lingkungan (biotik, abiotik) yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman. Faktor biotik terdiri atas hama, penyakti, gulma, serta tanaman yang lain; sedangkan faktor abiotik terdiri atas tanah dan iklim. Dengan pemahaman yang memadai tentang berbagai proses yang terjadi, memungkinkan mahasiswa dapat memahami dan menerapkan berbagai teknologi budidaya tanaman.

Kurikulum PS Agronomi mencakup mata kuliah wajib fakultas, mata kuliah wajib jurusan, dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah wajib jurusan telah mulai diambil sejak semester tiga. Pada tingkat semester lanjut mata kuliah pilihan diarahkan agar berkaitan dengan topik penelitian yang akan diambil.

Lapangan Kerja Lulusan P.S. Agronomi

Lulusan Program Studi Agronomi banyak diserap oleh berbagai instansi, baik pemerintah, swasta, maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Di lembaga pemeritah, lulusan PS Agronomi tersebar di berbagai departemen (tidak sebatas pada Departemen Pertanian maupun Departemen Pendidikan). Di sektor swasta, perkebunan-perkebunan skala besar, menengah maupun kecil selalu siap menampung lulusan program studi tersebut. Selain itu para lulusan PS Agronomi juga dapat bekerja di perusahaan benih, pestisida, pupuk, dan obat-obatan. Tidak sedikit pula peluang bagi para lulusan program studi ini untuk berwiraswasta di bidang pertanian.

2010. Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian UGM